5 Hal Penting Dalam Perawatan Mobil

Mobil dengan kondisi yang prima dapat diperoleh jika Anda melakukan service secara rutin sesuai anjuran perawatan. Namun jika semua anjuran dilakukan memang bisa membuat kantong menjadi bolong bukan? Sebagai jalan tengahnya, banyak orang sering melakukan perawatan mobil berdasarkan skala prioritas atau hanya akan memanggil mekanik ketika mobil sudah mengalami kerusakan. 

Akan tetapi perawatan mobil sebenarnya bukanlah hal yang bisa dikesampingkan. Jika pemilik mobil baru hal ini tidak begitu masalah karena, pemilik akan dibekali dengan buku service sebagai panduan untuk melakukan perawatan mobil secara berkala di dealer mobil resmi tempat dia membeli mobil baru, namun akan menjadi masalah jika mobil-mobil yang sudah melewati masa service rutin rekomendasi dari dealer. Pemilik harus memprioritaskan perawatan mobil supaya tidak membuat Anda harus menguras uang karena mobil yang tiba-tiba mogok. Pada dasarnya, merawat mobil bisa dilakukan dengan mudah. Berikut 5 hal penting dalam perawatan mobil supaya tetap bisa bekerja dengan baik.

Artikel terkait : Sales Mitsubishi Pekanbaru

5 Hal Penting Dalam Perawatan Mobil

1. Engine Tuning (Setel Mesin)

5 hal penting dalam perawatan mobil yang pertama yaitu menyetel mesin. Walaupun ketika menyetir Anda sering melihat penunjuk jarak tempuh di depan Anda, namun seberapa sering Anda benar-benar memperhatikannya? Mayoritas pabrik menyarankan untuk meyetting mesin setidaknya setiap 10.000 km sekali. 

2. Ganti Oli Mesin

Ada baiknya Anda selalu menjaga performa mesin mobil kesayangan sebelum masalah mesin datang menghantui perjalanan Anda. Pastikan Anda mengganti oli setidaknya setiap 10.000 km.

5 hal penting dalam perawatan mobil yang sering diabaikan salah satunya adalah penggantian oli atau cairan transmisi. Transmisi otomatis modern ini nyatanya perlu bekerja lebih keras daripada mobil dengan transmisi manual.

Apalagi, transmisi ini bekerja pada kompartemen mesin yang minim ventilasi dan sangat sempit. Hal ini mengakibatkan kualitas cairan atau oli menjadi menurun seiring berjalannya waktu. Kerusakan pada mobil pun tidak bisa dihindari jika oli tersebut tidak diremajakan.

Ketika Anda pergi ke bengkel, penggantian cairan transmisi ini umumnya dikenal sebagai service kuras oli matic.  

3. Ganti Pedal Rem

5 hal penting dalam perawatan mobil berikutnya adalah menggati pedal rem. Apabila Anda merasakan terdapat getaran, decitan, atau penurunan performa saat berkendara, kemungkinan Anda harus mengganti pedal rem. Performa pedal rem bisa bertahan sampai 60.000 km, namun apabila Anda sudah merasa terdapat hal yang janggal, pastikan untuk tidak mengabaikan!

4. Ganti Ban

Pastikan Anda tidak menunggu hingga ban mobil Anda gundul sebab bisa berakibat sangat fatal. Ban umumnya tahan dengan jarak tempuh mobil sekitar 80.000 km. Akan tetapi, semuanya tergantung dengan cara Anda mengendarinya serta permukaan jalan yang dilalui.

Terdapat banyak sekali tipe ban yang dapat ada temui, berdasarkan model, ukuran, dan fungsinya. Sebelum Anda membeli ban, pastikan Anda memikirkan terlebih dahulu seperti apa jalan yang sering Anda lalui. Lalu, pilih jenis ban sesuai ukuran serta fungsi pemakaian agar bisa awet. 

5. Ganti Baterai

5 hal penting dalam perawatan mobil berikutnya adalah mengganti baterai. Bagaimana cara agar kita bisa mengetahui kapan mobil harus diganti baterainya? Anda mungkin tidak dapat mengetahui secara pasti, namun montir yang menangani mobil Anda akan mengetahuinya apabila Anda membawa mobil untuk diservis di bengkel secara berkala. Biasanya, baterai harus diganti setidaknya 5-7 tahun sekali.

Mungkin ini berbeda dari apa yang Anda pikirkan, namun faktanya semakin sering kita berkendara, maka baterai mobil akan semakin awet!

Demikian 5 hal penting dalam perawatan mobil yang sebaiknya Anda ketahui. Hal terpenting yang harus diingat terkait perawatan mobil yaitu setiap mobil memiliki sifat yang unik, sehingga beberapa tips di atas bukan menjadi aturan baku yang harus dipatuhi. Namun pastikan Anda memperhatikan perawatan mobil di atas agar bisa mendapatkan performa mobil yang selalu prima.