7 Cara Cek Pajak Motor Online Yang Mudah Dan Praktis

5 Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Tanpa NIK, Praktis dan Mudah!

Setiap orang yang memiliki motor dan mengoperasikannya di jalan umum berkewajiban untuk membayar pajak. Nah, agar tidak terkena denda, penting bagi pemilik motor untuk mengetahui kapan tanggal jatuh tempo dan harus membayar pajak tepat waktu.

Berkat teknologi yang sudah semakin berkembang membuat transaksi hari ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan kemudahan yang ditawarkan, kamu saat ini tidak perlu repot – repot lagi pergi ke Kantor Samsat terdekat untuk mengantri, apalagi di musim pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai juga hingga saat ini.

Jadi, sekarang sudah tidak alasan lagi untuk kamu malas – malasan cek pajak motor dan membayar lewat dari tanggal jatuh tempo karena kamu bisa menggunakan 7 cara cek pajak motor online yang mudah dan praktis berikut ini :

  1. Via Website Samsat

Cara cek pajak motor online yang pertama adalah melalui website resmi https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Kamu hanya tinggal mengisi nopol motor dan NIK, kemudian klik ‘cari’ untuk informasi lebih lanjut.

  1. Via Apps Pajak Online

Kini sudah banyak tersedia Aplikasi Pajak Online bagi pengguna Android dan iOS. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan cek pajak motor seperti notifikasi jatuh tempo, informasi tentang masa pajak, ketetapan pajak dan masih banyak yang lainnya.

Dengan aplikasi ini juga kamu akan dimudahkan untuk generate kode bayar pajak, sehingga bisa melakukan pembayaran melalui teller bank, m-banking, e-banking, dan lain sebagainya.

  1. Via Apps SIGNAL

SIGNAL merupakan singkatan dari Samsat Digital Nasional. Ini adalah aplikasi resmi dari Pembina Samsat Tingkat Nasional. Dengan adanya SIGNAL, kamu bisa melakukan pengesahan STNK tahunan, bayar dan cek pajak motor, serta untuk Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

SIGNAL bisa digunakan di 15 provinsi antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bali, dan lain sebagainya.

  1. Via E-Samsat Tokopedia

Selain sebagai e-commerce, Tokopedia juga ternyata menyediakan fitur E-Samsat yang bisa digunakan untuk mengecek pajak motor. Fitur ini diaktifkan di beberapa wilayah seperti Pulau Jawa dan Kepulauan Riau. Kamu pun bisa membayar pajak motor melalui Tokopedia. Berikut langkah – langkahnya :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Tokopedia.
  • Kemudian, pilih menu E-Samsat.
  • Silahkan pilih wilayah pajak motor.
  • Lalu, masukkan info motor terkait.
  • Lakukanlah instruksi sampai selesai dan kemudian akan muncul informasi mengenai pajak motor kamu.
  1. Via E-Samsat Bukalapak

Aplikasi Bukalapak memiliki fitur E-Samsat yang bisa digunakan untuk mengecek pajak motor. Caranya mudah yaitu :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Bukalapak.
  • Lalu, pilih menu E-Samsat.
  • Silahkan pilih wilayah pajak motor.
  • Isilah data atau kode bayar yang diminta, kemudian akan muncul informasi tentang pajak kendaraan kamu.
  • Jika ingin melanjutkan pembayaran pajak motor, silahkan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Selanjutnya, Bukalapak akan memproses pembayaran lalu mengirim buktinya melalui email.
  1. Via SMS

Selain melalui website maupun aplikasi – aplikasi online, kamu juga bisa mengecek pajak motor dengan mengirimkan SMS ke nomor 8893 dengan format : Info(spasi)ranmor(spasi)nomorkendaraan(isi nomor tanpa spasi).

  1. Via Layanan *368*1#

Cara terakhir untuk mengecek pajak motor adalah melalui layanan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) *368*1#.

Untuk cek pajak motor hingga pembayaran saat ini tidak perlu bersusah payah lagi mengunjungi kantor Samsat dan mengantri. Kamu bisa cek pajak motor dan membayarnya melalui tujuh cara diatas hanya sambil rebahan.