Acarbose: Pengobatan Diabetes Tipe 2

Acarbose adalah obat yang dapat digunakan sebagai terapi tambahan dalam pengobatan diabetes tipe 2. Mekanisme Acarbose ini bekerja dengan menghambat pencernaan karbohidrat dan ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah pasca makan pada orang dengan diabetes tipe 2. Acarbose juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 untuk orang yang berisiko tinggi, jadi perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki pradiabetes atau berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Acarbose adalah penghambat alfa-glukosidase, yang menghalangi kemampuan tubuh untuk mencerna karbohidrat dari makanan dengan menghambat alfa-amilase pankreas dan alfa-glukosidase usus. Dengan kata lain ini memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga glukosa keluar dari larutan jauh lebih lambat. Ini dapat membantu mengurangi lonjakan kadar glukosa darah setelah makan. Dengan menghambat pencernaan karbohidrat dapat mengurangi jumlah glukosa yang tersedia dalam aliran darah, yang mengurangi kebutuhan insulin pada tubuh (karena lebih sedikit glukosa yang diambil oleh sel). Efek ini tidak hanya menurunkan glukosa darah tetapi juga menurunkan insulin dengan jumlah yang setara.

Ketika Acarbose awalnya dikembangkan, ada kekhawatiran tentang hal itu karena menyebabkan perut kembung dan kram, tapi hal ini jarang sekali terjadi dan itu adalah obat yang ditoleransi dengan sangat baik. Efek samping jarang terjadi dan umumnya ringan.

Mengobati Diabetes Tipe 2 Menggunakan Acarbose

Acarbose dapat digunakan sebagai terapi tambahan dalam manajemen diabetes tipe 2 karena kemampuannya untuk mengurangi kadar glukosa pasca makan. Dengan kata lain itu digunakan untuk membantu mengontrol gula darah dan mengurangi permintaan insulin. Seperti obat lain yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2, Acarbose memiliki manfaat lebih dari sekedar kontrol glukosa termasuk kemampuan untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 untuk orang yang berisiko tinggi.

Orang dengan diabetes tipe 2 membutuhkan sejumlah perawatan selama hidup mereka karena mereka tidak mampu memproduksi insulin. Inilah sebabnya mengapa Acarbose dapat berguna dalam pengobatan diabetes tipe 2. Ini digunakan sebagai cara untuk membantu mengontrol gula darah dan mengurangi kebutuhan glukosa pada tubuh, yang sangat penting karena orang dengan diaberes tipe 2 juga memiliki kebutuhan insulin yang tinggi (karena kekurangan insulin relatif mereka). Acarbose memiliki efek ini dengan memperlambat pencernaan karbohidrat, yang menurunkan jumlah glukosa yang tersedia untuk sel dan membantu mengurangi kebutuhan insulin dan hiperglikemia.

Acarbose banyak dijual di pasaran termasuk di apotek online maupun offline. Harga Acarbose 100 mg di apotek cukup terjangkau untuk Anda beli. Namun, sebelum Anda menggunakannya, Anda harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.