Berapa Harga USG 4D dan Prosedur yang Dilakukan

Ultrasonografi (USG) adalah metode yang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu tentang perkembangan janin saat itu. Jangan khawatir karena metode ultrasonografi adalah cara untuk melihat janin dengan aman dan tanpa rasa sakit. Salah satunya yaitu USG 4D namun harga USG 4D cukup tinggi dibandingkan biaya USG 2D dan 3D.

Prosedur USG 4D dilakukan untuk melihat gerakan janin atau bayi yang lebih detail dan jelas. Melalui prosedur ini Anda dapat melihat bentuk wajah bayi sampai gerakannya hingga cukup rinci dibandingkan dengan menggunakan USG 2D dan 3D.

Prosedur USG 4D

1. Persiapan yang perlu dilakukan

Sebenarnya untuk tahap persiapan, tidak memerlukan persiapan khusus untuk melakukan USG 4D karena proses ini bukan merupakan operasi. Namun, sebaiknya hindari makan atau minum terlalu banyak sehingga hasil gambar bisa terlihat lebih detail.

Selanjutnya, tetap santai dan rileks serta berpakaianlah dengan longgar karena Anda akan diminta untuk menunjukkan bagian perut untuk melakukan USG. Anda juga tentu harus menyiapkan dana terlebih dahulu sesuai dengan harga USG 4D.

2. Saat prosedur berlangsung

Pertama-tama, dokter akan meminta Anda untuk berbaring dan menunjukkan bagian tertentu dari tubuh Anda, yaitu bagian perut. Setelah itu, dokter akan mengoleskan gel khusus yang akan memberikan sensasi dingin pada perut. Gel dingin nantinya akan diaplikasikan menggunakan pemindai khusus.

Alat yang digunakan juga akan bergerak maju mundur di sekitar perut hingga gambar dan gerakan bayi terlihat jelas pada monitor khusus. Dokter akan menjelaskan kondisi kehamilan dan bayi dalam kandungan selama dan setelah melakukan proses USG 4D. Gel yang tersisa akan dihilangkan setelah proses USG 4D selesai.

Hasil Prosedur USG 4D

Pemeriksaan menggunakan prosedur USG 4D juga tentu dengan tujuan tertentu. Dokter akan melihat perkembangan fisik janin apakah normal sesuai dengan usia kandungan saat itu. Dokter juga akan memberikan informasi berupa posisi plasenta, estimasi berat badan dan ukuran bayi, detak jantung bayi, pergerakan, napas, dan posisi bayi.

Selain penentuan kesehatan janin, ultrasonografi 4 dimensi biasanya dilakukan oleh orang tua karena mereka ingin melihat bentuk bayi yang lebih baik. Salah satu keuntungan penting dari proses ultrasonografi 4D dilakukan untuk menguji perkembangan bayi dan mencari hasil yang lebih nyata.

Oleh karena itu, ini memungkinkan dokter untuk ukuran bayi serta struktur organ tubuhnya apakah memiliki cacat, tumor, bibir sumbing, dll. Terdapat juga teknik Spatio Temporal Image Correlation pada teknik USG 4D sehingga bisa melihat anatomi jantung yang lebih detail.

Anda bisa melakukan USG 4D di Klinik Kehamilan Sehat dengan biaya yang lebih terjangkau namun pelayanan dan fasilitasnya sudah seperti rumah sakit. Klinik ini juga melayani persalinan sehingga bisa sekaligus menjadi pertimbangan Anda. Lihat harga USG 4D disini!