Cara Cek Backlink Website Kompetitor Pakai 3 Tool Ini

Pernahkah Anda mencari sebuah artikel lalu tiba-tiba Google merekomendasikan artikel lain yang sejenis? Dari mana Google bisa bisa tahu artikel relevan yang berhubungan dengan pencarian sebelumnya? Nah, hal tersebut bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satunya adalah peran backlink yang berada dalam website. Backlink sering dipakai oleh banyak website untuk meningkatkan traffic pengunjung. Karena itu, mereka banyak melakukan riset tentang hal ini, salah satunya menggunakan tool cek backlink website.

Apa itu Tool Cek Backlink Website?

Sederhananya, backlink adalah referensi dari suatu situs yang bisa mengarahkan orang untuk masuk ke situs lainnya. Jadi, jika ada orang yang masuk ke website Anda dari halaman website lain, maka Anda adalah penerima backlink. Backlink bisa meningkatkan traffic organic sehingga website Anda bisa naik ke peringkat atas pencarian.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah ada backlink di website kita? Nah, salah satu caranya bisa dilakukan dengan penggunaan backlink checker. Dengan tool ini Anda bisa memantau kualitas link secara mudah di website lain atau website kompetitor.

3 Rekomendasi Tool Backlink Checker Terbaik

1.      Ahrefs

Tool pertama yang bisa Anda gunakan adalah Ahrefs. Tool ini menawarkan layanan yang cukup lengkap dengan berbagai fitur yang bisa mengoptimalkan website. Dengan memakai Ahrefs, Anda bisa menganalisis website kompetitor dengan cara yang sangat mudah. Cukup ketikkan URL suatu website ke dalam menu Site Explorer yang tersedia. Nantinya, tool akan menunjukkan rincian informasi backlink, jumlah reffreing domain, dan lain sebagainya.

Data yang ditampilkan Ahrefs cukup detail dan juga lengkap. Misalnya, Anda bisa melihat domain rating, dofollow dan nofollow backlink, anchor text distribution dan lain-lain. Selain itu, Anda pun bisa memantau backlink secara real-time dan melihat backlink secara historis. Namun, untuk menikmati fitur secara lengkap Anda harus membayar uang sekitar $100-$1000 USD per satu bulan.

2.      SEMrush

SEMrush adalah rekomendasi tool terbaik untuk cek backlink website. Tool ini punya fitur yang lengkap untuk menganalisis kompetitor, melakukan riset keyword, dan memberi saran jumlah backlink terbaik untuk optimasi SEO.

SEMrush mampu memberi data yang lengkap dan telah menganalisis hingga lebih dari 33 triliun backlink. Dengan tool ini, Anda bisa melacak backlink kompetitor, mengetahui halaman yang memiliki backlink terbanyak, menolak backlink dan lain-lain. Selain itu, SEMrush pun bisa diintegrasikan dengan tool lain seperti Google Analytic, Google Search Console dan lain-lain.

3.      Ubersuggest

Ubersuggest menjadi salah satu tool terbaik untuk optimasi SEO. Tool ciptaan Neil Patel ini cukup populer dan dikenal orang karena memberikan layanan secara gratis. Meskipun gratis, efektivitasnya tidak kalah baik dengan dua tool berbayar sebelumnya, yaitu Ahrefs dan SEMrush. Tool ini mampu menyajikan statistik laporan backlink yang akurat berdasarkan data  real-time yang ada. Nantinya, data disajikan dalam tabel data statistik, di mana dalam satu halaman bisa menunjukkan hingga ratusan backlink yang mengarah ke website. Jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap maka Anda bisa membayar paket bulanan yang ditawarkan.

Selain cek backlink website, Anda bisa optimasi SEO website dengan jasa web development. Salah satu yang terekomendasi adalah Cv. Exito Bali. Perusahaan ini menawarkan jasa backlink pbn berkualitas dengan pilihan paket yang beragam. EXITOBALI siap memberikan yang terbaik untuk meningkatkan traffic website Anda.