Cara Tepat Membaca Hasil USG 2D Ibu Hamil

 

Banyak orang tua mungkin masih belum tahu bagaimana cara membaca hasil USG dan ingin tahu cara membaca hasil USG 2D. Pertama-tama, dokter umumnya akan memberikan penjelasan terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya untuk belajar membaca hasil ultrasonografi 2D untuk kebutuhan Anda sendiri.

Cara Membaca Hasil USG 2D

USG 2D adalah salah satu jenis USG standar yang biasa digunakan untuk pemeriksaan kehamilan dan janin. Ultrasonografi 2D menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar dua dimensi di layar komputer khusus yang menunjukkan posisi dan perkembangan janin dalam kandungan.

Ultrasonografi 2D dapat dilakukan untuk berbagai tujuan selama setiap trimester kehamilan. Selama trimester pertama, USG 2D akan membantu mencari tahu usia kehamilan. Pada kehamilan trimester kedua dan ketiga, USG dilakukan untuk memeriksa perkembangan janin dalam kandungan memastikan bahwa janin tumbuh dengan normal dan sehat.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk belajar membaca hasil USG 2D karena memang dibutuhkan dan sering dilakukan untuk memeriksa kesehatan janin agar bisa lahir dengan sehat ke dunia. Dalam membaca USG 2D, terdapat dua indikator yang penting saat melihat hasil USG.

1. Warna

USG 2D menampilkan tiga warna yaitu abu-abu, hitam dan putih. Dalam gambar, abu-abu mewakili jaringan, hitam mewakili cairan ketuban, dan putih mewakili tulang. Janin akan berada di dalam tiga warna dan dikelilingi oleh gambar hitam karena dilindungi cairan ketuban.

2. Orientasi gambar

Bukan hanya warna saja yang dilihat, namun janin dalam kandungan juga ditunjukkan dengan orientasi dan ukuran gambar. Layar penyesuaian orientasi gambar digunakan untuk menentukan posisi kepala dan tulang belakang si kecil. Posisi ini penting karena akan menentukan apakah si kecil lahir sungsang atau normal.

Apabila bayi mengalami posisi sungsang, maka posisi kepala bayi akan berada di bagian rahim atas sehingga kaki yang akan keluar pertama kali sehingga membuat persalinan normal menjadi sulit. Sedangkan arah tulang belakang dijadikan sebagai pedoman melihat bayi menghadap ke arah mana.

Meskipun memiliki posisi sungsang, biasanya posisi bayi masih dapat berubah sesuai dengan usia kandungannya. Maka dari itu hal ini dapat dikonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Tidak perlu panik karena hanya akan berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi.

Mengetahui cara membaca hasil USG 2D dapat membantu mendiagnosis kelainan janin selama kehamilan. Kelainan janin yang dapat dideteksi dengan USG antara lain kelainan jari dan anggota gerak kelainan tulang belakang, kelainan bibir sumbing,  kelainan jantung, kelainan Down Syndrome, dan kelainan kepala.

Anda bisa melakukan USG 2D di Klinik Kehamilan Sehat yang juga memiliki layanan USG 3D dan 4D serta berbagai layanan lainnya bahkan hingga membantu proses persalinan. Kehamilan Sehat sudah dipercaya sejak lama oleh para ibu hamil. Ayo segera lakukan USG 2D akurat disini!