Ide Bisnis Kreatif untuk Anda Lakukan Bersama Buku Warung

Kreativitas adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Apalagi, kini banyak bisnis yang hanya muncul sesaat dan segera kehilangan peminat. Salah satu alasan utamanya karena kurangnya inovasi ide usaha yang mereka tawarkan. Untuk mempertahankan sebuah usaha, Anda perlu memiliki ide usaha yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga membedakan Anda dari kompetitor. Nah, artikel ini akan mengajak Anda untuk melihat ide bisnis kreatif yang bisa dijadikan inspirasi. Selamat membaca!

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa dari usaha ini memerlukan keahlian tersendiri yang tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat, seperti desain, musik, dan memasak. Oleh karenanya, Anda perlu mempertimbangkan ilmu yang dimiliki sebelum memulainya.

1. Cemilan Unik

Bisnis camilan memang terdengar umum, tetapi selalu ada hal baru yang bisa dilakukan agar beda dari produsen lainnya. Coba saja Anda perhatikan. Dari tahun ke tahun pasti ada saja jenis camilan unik yang menjadi populer. Salah satu contohnya adalah berbagai camilan dengan bumbu rasa telur asin yang digemari masyarakat beberapa tahun belakangan. Bahkan, salah satu brand produsen makanan ringan tersebut, Irvins Salted Egg, telah dikenal di pasar Asia Tenggara. Seperti contoh tersebut, Anda tidak harus menciptakan ide cemilan yang sepenuhnya baru agar beda dari yang lain. Camilan yang unik bisa saja merupakan inovasi dari makanan lain yang sudah ada. Selain mudah dilakukan, ide bisnis ini bisa dilakukan siapa saja tanpa mengganggu aktivitas utama. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya pekerjaan sampingan.

2. Roti dan Kue

Mungkin Anda akan bertanya, “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis kreatif?” Alasannya sama dengan yang telah disebut di pembahasan mengenai bisnis camilan unik tadi. Meskipun sudah banyak bakery yang memiliki nama, ada banyak kreasi baru yang dapat Anda ciptakan. Kuncinya adalah kreatifitas.

3. Souvenir custom

Bagi yang sering diundang ke pesta pernikahan, Anda mungkin merasa suvenir yang diberikan kepada para tamu memiliki desain yang kurang variatif. Ini bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis suvenir pernikahan yang tidak biasa. Selain menyediakan berbagai jenis cinderamata unik seperti pouch earphone dan buku harian, kita juga bisa menerima jasa kustomisasi suvenir pernikahan tentunya dengan kisaran harga per produk dan batas minimal pesanan yang telah ditentukan.

Walaupun ada beberapa bisnis yang terlihat sepele, tetapi Anda harus tetap optimis bahwa usaha yang Anda jalankan akan berkembang. Untuk itu, mulai dari awal lakukan pembukuan, tujuannya agar anda memiliki data untuk mengembangkan bisnis anda.

Untuk memudahkan pembukuan Anda bisa gunakan aplikasi keuangan. Anda bisa download aplikasi BukuWarung untuk memudahkan mendata semua pemasukan dan pengeluaran dari bisnis anda. Selain beberapa contoh di atas, Anda juga bisa menciptakan sendiri ide usaha kreatif kekinian dengan menganalisis peluang di sekitar Anda. Dengan kreativitas, Anda dapat memulai sebuah usaha meskipun tanpa modal.