Jangan Terburu-Buru Beli, Simak Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize

Toyota tidak pernah berhenti melakukan inovasi menarik. Salah satu bukti nyatanya adalah Toyota Raize. Mobil bertipe Sport Utility Vehicle ini turut mewarnai pasar otomotif di Indonesia. Jika dilihat secara sekilas, tampilan mobil ini hampir mirip dengan Rocky keluaran Daihatsu. Lalu, apa saja keunggulan dan kelemahan mobil seharga 200 juta ini? Simak pembahasan berikut.

Keunggulan Toyota Raize

  1. Mempunyai fitur keselamatan baik

Keunggulan Raize yang pertama adalah pada bagian fitur keselamatannya. Bahkan hal tersebut sebenarnya sudah dikabarkan sebelum rilis secara resmi di Indonesia. Mobil ini telah dilengkapi dengan TSS atau Toyota Safety Sense. Fitur tersebut pada umumnya hanya bisa ditemui di produk Toyota kelas atas. Sungguh keuntungan luar biasa bisa merasakan fitur kelas atas di mobil kelas menengah.

Apa saja fungsi dari TSS tersebut? Pada intinya, fitur ini dihadirkan demi kenyamanan pengemudi ketika berkendara. Beberapa contohnya antara lain rear cross traffic alert, lane departure alert dengan steering control, blind spot monitor, pedal misoperation control, adaptive cruise control, serta pre-collision system. Masing-masing memiliki tugas berbeda-beda, misalnya lane departure alert akan memperingatkan pengemudi ketika kendaraan keluar jalur.

  1. Terdapat Fitur Adaptive Cruise Control (ACC)

Seperti telah disinggung di bagian sebelumnya, terdapat fitur keamanan TSS berupa adaptive cruise control. Fungsi ini bisa menjadi sorotan tersendiri mengingat perannya cukup vital. Adaptive Cruise Control merupakan pengembangan dari fitur cruise control seperti terdapat di beberapa kendaraan lainnya. Pada mobil ini fitur tersebut sudah mengalami adaptasi lebih lanjut.

Dengan fitur tersebut, sistem secara otomatis membaca keberadaan benda di depan kendaraan. Kemudian, sistem ini akan mengatur jarak aman agar tidak menabrak. ACC dapat bekerja mulai dari kecepatan 30 km/jam. Akan tetapi, fitur ini tidak akan berfungsi secara optimal ketika melaju di cuaca berkabut atau lalu lintas padat. Hal tersebut karena kemampuan sensor cukup terbatas. Oleh karena itu, pengemudi juga harus mengambil peran agar tetap waspada saat berkendara.

  1. Ukuran pelek besar

Selanjutnya, Raize juga memiliki ukuran pelek terbilang besar. Ukuran tersebut sangat mendukung tampilan kendaraan dengan gaya khas SUV dimana bodinya tampak tegas terkesan maskulin. Jika mayoritas rivalnya menggunakan ukuran pelek 16 inci, mobil ini memilih ukuran 1 inci lebih besar. Ditambah finishing hitam sempurna, mobil ini menjadi terlihat sangat enak untuk dilihat.

  1. Ground clearance tinggi

Ground clearance Toyota Raize termasuk tinggi jika dibandingkan para kompetitornya, yakni 200 mm. Hal tersebut sangat penting dalam mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan. Seperti kita ketahui, ground clearance akan terasa manfaatnya saat mobil berjalan di jalanan tidak rata. Oleh karena itu, para penggemar mobil SUV pasti akan mempertimbangkan hal tersebut.

  1. Ruang bagasi luas

Dalam perjalanan jauh seperti pulang kampung atau liburan, tentu akan ada banyak barang harus dibawa. Dengan demikian, dibutuhkan ruang bagasi luas untuk mendukung hal tersebut. Kabar baiknya, mobil ini memiliki ruang bagasi luas di samping dimensi mobil yang tidak terlalu besar. Hal ini benar-benar harus mendapat apresiasi lebih.

Tidak seperti mobil pada umumnya, bagasi pada mobil ini memiliki pengaturan lantai bertingkat. Meskipun terlihat sepele, nyatanya hal itu dapat menambah akses penempatan bawaan sehingga terasa lebih luas. Selain itu, jok di bagian belakang juga bisa dilipat jika Anda masih merasa kurang dengan ruang bagasi. Bahkan, pelipatan bisa dilakukan hampir rata lantai.

Kekurangan Toyota Raize

Di samping berbagai kelebihannya, tidak bisa dipungkiri bahwa mobil ini tetap memiliki kekurangan. Pertama, bisa dibilang tenaga mesin tersebut cukup inferior. Kemudian, harga yang dipatok untuk meminang mobil ini juga terbilang mahal, yakni sekitar 200 juta. Di sisi lain, di bagian belakang masih belum ada ventilasi AC sehingga mungkin akan kurang nyaman bagi sebagian orang. Akan tetapi, kekurangan tersebut mungkin tidak terlalu berpengaruh besar dibandingkan kelebihannya.

Itulah tadi pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan mobil Raize. Jika Anda memang seorang penggemar mobil SUV dengan fasilitas keamanan lengkap, ini bisa dijadikan pilihan tepat. Mengenai harga, tentu saja itu masih sangat wajar dilihat dari segudang kelebihan yang ada.