Jenis Kertas Untuk Cetak Skripsi Sesuai Standar

 

Mencetak dokumen skripsi menjadi salah satu kewajiban bagi mahasiswa tingkat akhir yang telah berhasil menyelesaikan tugas akhirnya tersebut sebagai syarat kelulusan. Jenis kertas untuk cetak skripsi pun pada umumnya sama yang digunakan dan Anda juga bisa memilih sesuai kebutuhan.

Kertas Untuk Skripsi

Mencetak dokumen karya tulis mahasiswa atau skripsi bisa dilakukan di jasa cetak buku terpercaya karena mereka sudah menyediakan jenis dan ukuran kertas yang sudah sesuai dengan kebutuhan. Salah satu penyedia jasa terbaik yang sangat direkomendasikan adalah Cetak Buku Murah.

1. HVS

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan kertas buram sebagai kertas untuk mencetak dokumen skripsi karena terkesan murah dan kurang profesional. Sehingga jenis kertas yang sangat disarankan adalah jenis HVS berwarna putih dan teksturnya tidak kasar alias halus. Anda bisa memilih beberapa jenis merek kertas HVS sesuai kebutuhan, contohnya seperti PaperOne.

2. Ukuran

Pada umumnya, kertas yang digunakan untuk mencetak skripsi memiliki ukuran A4 atau kwarto dan beratnya 80 gsm. Ukuran ini sangat pas dan sering menjadi standar untuk mencetak dokumen tersebut di banyak perguruan tinggi. Ukuran yang digunakan baik untuk isi dokumen maupun cover-nya harus sama agar lebih rapi.

3. Jenis Cetakan

Skripsi biasa dicetak dengan menggunakan print warna terlebih lagi untuk jenis karya tulis yang memiliki banyak gambar atau ilustrasi. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperjelas informasi yang disampaikan melalui gambar. Sehingga jika ada warna tertentu yang harus ditonjolkan maka bisa dicetak dengan lebih jelas.

4. Jenis Penjilidan

Skripsi merupakan salah satu dokumen penting yang ditulis oleh mahasiswa. Agar tidak mudah rusak, sobek, dan ketumpahan air, maka disarankan untuk memilih jenis jilid hard cover yang terbukti aman melindungi bagian dalamnya.

Jenis jilid ini memang lebih lama proses pengerjaannya dan harganya pun lebih mahal. Namun, sangat worth it untuk menjilid skripsi.

Jenis kertas untuk cetak skripsi di atas perlu Anda pahami agar ketika membawa naskah dan dokumen ke jasa cetak, maka sudah bisa langsung menentukan jenis kertas yang akan digunakan.