KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT JAMUR TIRAM TIRAM UNTUK KESEHATAN TUBUH ANDA

Jamur tiram memiliki citarasa yang lezat dan unik, sehingga kebanyakan orang menyukainya. Untuk memasak jamur tiram, kita tak perlu khawatir akan tak enak rasanya, sebab jamur tiram seolah telah memiliki penyedap alami yang ekstra. Walaupun hanya ditumis secara sederhana, jamur tiram tetap nikmat dilidah. Namun tak hanya itu saja kelebihan jamur tiram, sebab ia juga kaya akan zat yang kita sebut sebagai nutrisi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat jamur tiram bagi kesehatan adalah melindungi tubuh dari beragam penyakit dan infeksi, karena jamur tiram banyak mengandung protein, vitamin dan mineral, asam amino, antioksidan hingga antibiotik alami.

Jamur tiram memiliki nama ilmiah “Agaricus” umum, namun untuk spesies yang berbeda namanya juga berbeda. Jamur tiram pada dasarnya digolongkan kedalam keluarga saprophytes, organisme /tanaman tanpa klorofil yang berkembang biak dengan mengekstraksi nutrisi dari tanaman yang mati dan telah membusuk. Jamur tiram memiliki warna yang sangat bervariasi, termasuk tekstur, bentuk dan sifat. Jamur tiram konsumsi yang banyak kita kenal diantaanya, jamur tiram merang, jamur tiram kancing, jamur tiram kuping, jamur tiram kayu, jamur tiram tiram putih dll

Manfaat Jamur tiram bagi Kesehatan Tubuh

Jamur tiram memang nikmat untuk dikonsumsi. Namun lebih dari itu, jamur tiram juga bisa mendatangkan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat jamur tiram yang perlu Anda ketahui.

  1. Menurunkan Kolesterol

Di samping meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat jamur tiram melalui beta-glucan-nya adalah untuk menurunkan kadar lemak LDL atau biasa dikenal sebagai kolesterol ‘jahat’. Sebaliknya, beta-glucan justru membantu meningkatkan kadar lemak HDL atau kolesterol ‘baik’ yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengendalian kadar kolesterol ‘jahat’ ini menjadi penting karena jika dibiarkan bisa berakibat pada komplikasi kardiovaskular yakni stroke dan jantung.

  1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang juga disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol ‘jahat’. Di sini, jamur tiram berperan dalam mencegah terjadinya penyakit hipertensi tersebut melalui agen-agennya yang terdiri dari vitamin C, kalium, dan juga serat

Ketiga zat tersebut dikenal efektif dalam membantu pengendalian tekanan darah, pun memastikan agar kadar kolesterol tetap terjaga.

  1. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko penyakit kanker, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamur tiram.

Manfaat jamur tiram yang satu ini lagi-lagi dihasilkan oleh beta-glukan yang terkandung di dalamnya. Beta-glukan memang tidak bisa mematikan sel-sel kanker, namun fungsinya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dapat mencegah sel kanker dapat berkembang lebih lanjut. Zat ini pun kerap digunakan dalam kemoterapi pada penderita kanker.

Kandungan jamur tiram lainnya yang diklaim dapat mencegah dan mengatasi kanker adalah lentinan. Sebuah studi yang melibatkan pasien penderita penyakit kanker lambung menemukan fakta bahwa lentinan yang turut disertakan dalam kemoterapi mampu meningkatkan kesehatan tubuh pasien-pasien tersebut.

  1. Memperbaiki Mutasi Sel DNA

Jamur tiram mengandung vitamin D. Hal ini lantas mendatangkan manfaat jamur tiram dalam memperbaiki sel DNA yang bermutasi, di mana mutasi DNA ini memiliki dampak bahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk memicu tumbuh dan berkembangnya sel kanker.

Sebelum Anda harus dihadapkan pada kenyataan pahit seperti ini, baiknya lakukan langkah pencegahan dengan mengonsumsi jamur tiram secara rutin ini salah satunya.

  1. Memperlancar Produksi dan Sirkulasi Darah

Jamur tiram juga mengandung mineral tembaga di dalamnya. Adanya tembaga tersebut tentu saja menjadi kabar baik untuk Anda yang gemar mengonsumsi tanaman satu ini. Pasalnya, tembaga adalah zat yang berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Efeknya, sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar yang mana hal ini sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja organ-organ tubuh. Tak hanya itu, manfaat jamur tiram melalui kandungan tembaganya adalah untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga memperkuat jaringan ikat pada tubuh, dan menjaga fungsi sistem saraf.

Nah itulah dia berbagai manfaat jamur tiram yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh anda.

Dan Untuk kalian yang ingin berbelanja bahan pokok dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, anda bisa segera berkunjung di platform TaniHub Anda bisa melakukan pembelian di platform ini secara online tanpa harus keluar rumah.

TaniHub menyediakan beragam produk yang bisa anda pilih sesuai selera. Anda tinggal memilih beragam keperluan anda melalui platform ini. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju.