Masalah Umum Yang Sering Terjadi Pada Mesin Mobil Injeksi

Soal masalah yang sering terjadi di balap mobil injeksi, ada dua kategori utama. Kategori pertama adalah yang terjadi pada mobil non-jalanan/strip. Umumnya, masalah ini mudah dikenali. Mereka biasanya disebabkan oleh busi yang aus atau mesin yang kotor/tidak ramah. Jika Anda melihat gejala masalah ini saat berpartisipasi dalam acara balap mobil favorit Anda, pilihan terbaik Anda adalah membawanya ke bengkel mobil profesional untuk diagnosis dan/atau penyetelan powertrain/sistem bahan bakar. Namun, jika gejalanya ringan atau Anda merasa cukup percaya diri untuk mencoba memperbaiki masalahnya sendiri, berikut beberapa tips untuk melakukannya.

Udara bersih dan jernih:

Ketika udara melewati filter udara mesin Anda, ia akan mengambil debu, kotoran, dan kotoran lainnya. Sayangnya, filter udara juga tersumbat oleh kotoran dari filter karbon, filter oli kotor, dan residu lengket yang tertinggal dari oli mesin yang berminyak. Ketika ini terjadi, sistem pemasukan udara mobil Anda tidak akan berfungsi dengan baik, termasuk menarik udara melalui karburator dan menghembuskannya kembali ke aliran udara. Jika hal ini terjadi secara konsisten, mobil Anda akan mengalami kesulitan untuk memulai. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan filter udara Anda.

Masalah sistem bahan bakar:

Sistem bahan bakar Anda adalah penyelamat mesin mobil Anda. Masalah pada sistem bahan bakar biasanya dapat dideteksi dengan kebocoran gas, lampu di tempat parkir, atau suara yang tidak biasa. Jika mobil Anda mulai berjalan dengan buruk, mungkin sudah waktunya untuk mengganti sistem bahan bakar. Di sisi lain, jika Anda mulai mendengar bunyi klik, rengekan, atau melihat asap keluar dari bawah kap mesin, sistem bahan bakar Anda mungkin tersumbat oleh logam, cairan yang menyumbat, atau oli kotor. Salah satu dari masalah ini dapat menyebabkan mobil Anda berhenti berjalan.

Filter udara menjadi kotor dari waktu ke waktu

dan perlu dibersihkan secara berkala untuk mencegah gas berbahaya masuk ke sistem bahan bakar mobil Anda. Penumpukan kotoran dan kotoran di dalam filter udara dapat menyebabkannya menyumbat aliran udara dan menyebabkan hilangnya daya. Membersihkan filter udara itu mudah; yang perlu Anda lakukan adalah membuka tabung dan menyeka kotoran yang terkumpul. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan abrasif saat menyeka kontaminan karena dapat menggores filter dan merusak bagian dalam. Dengan pasokan udara segar yang stabil, mobil Anda akan menyala dengan cepat dan berjalan dengan baik sepanjang hari.

Koil pengapian sering rusak selama aktivitas mesin yang intens dan dapat gagal selama suhu dingin. Koil pengapian yang retak dapat memicu banyak masalah selama penyalaan dan dapat menyebabkan kegagalan listrik. Bengkel mobil injeksi biasanya mendiagnosis koil pengapian yang retak dengan menggunakan proses pencitraan yang disebut pemanasan kilat. Teknik ini memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi sangat tinggi untuk menentukan akar penyebab koil retak dan kemudian memulihkan koil pengapian sehingga berfungsi sekali lagi.

Filter udara pada sistem bahan bakar mobil Anda

berfungsi untuk menjebak debu dan kotoran lainnya sebelum mencapai sistem bahan bakar. Ketika partikel-partikel ini terbawa ke udara, mereka dibawa melalui aliran udara oleh partikel-partikel udara dan akhirnya melekat pada filter bahan bakar. Namun, jika ini terjadi, filter dapat tersumbat oleh partikel yang tidak diinginkan dan berhenti bekerja sepenuhnya.

Ketika sistem bahan bakar tersumbat oleh udara kotor, mobil akan sulit bernapas dengan benar dan ini dapat mengakibatkan kegagalan mesin. Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah mekanik melepas filter udara secara manual dan membersihkan slot filter dengan udara bertekanan. Jika mobil Anda memiliki transmisi manual, Anda juga dapat menggunakan tongkat berulir panjang untuk menghilangkan penyumbatan filter udara secara manual. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus menemukan katup silinder atau rakitan blower yang benar, kemudian pegang sejajar dengan poros engkol mesin dan ketuk di lantai untuk melonggarkan dan melepas filter udara.

Masalah Mobil Injeksi

Tidak jarang pemilik mobil injeksi mengalami masalah dengan filter udaranya. Filter udara, seperti semua suku cadang mobil, perlu dirawat dengan baik untuk memastikannya berfungsi dengan benar dan untuk mencegah perbaikan yang tidak perlu. Banyak pemilik mobil injeksi menemukan bahwa mereka harus mengganti filter mereka beberapa kali per tahun di lebihkencang, karena memungkinkan benda asing dan kotoran masuk ke sistem bahan bakar. Benda asing ini dapat menyebabkan kerusakan mekanis, oleh karena itu penting untuk memeriksa suku cadang mobil injeksi Anda secara teratur.