Mengenal Aneka Tambang Plastik dan Bahan Dasar Pembuatannya

Diantara jenis tali tambang yang tersedia untuk keperluan konstruksi dan industri lainnya, salah satu jenis tali tambang yang cukup banyak digunakan adalah tambang plastik. Apakah Anda pernah mendengar tentang jenis tali tambang yang satu ini?

Seperti namanya, tali tambang plastik memang dibuat dari bahan serat plastik. Namun, tetap saja, Anda tidak boleh membayangkan jika tali tambang ini tidak memiliki kekuatan yang besar.

Produk tali tambang plastik dibuat dengan standard yang telah ditentukan sehingga bisa digunakan untuk beragam industri yang berbeda. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa jenis tali tambang plastik yang tersedia serta bahan dasar untuk pembuatannya.

Apa saja jenis tali tambang plastik yang dimaksud? Cek ulasan selengkapnya!

Ragam Tali Tambang Plastik

Ada beberapa jenis tali tambang plastik yang tersedia di pasaran dan bisa menjadi pilihan sesuai dengan keperluan Anda. Beberapa jenis tali tambang plastik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Serat polypropylene

Jenis tali tambang plastik pertama yang banyak tersedia di pasaran dibuat dengan serat polypropylene. Karena bahan dasarnya tersebut, tali tambang plastik ini sering disebut dengan nama tali PP.

Nah, tali PP cukup banyak digunakan dalam proyek konstruksi, terutama untuk keamanan pekerja dalam proyek tersebut. Selain itu, jenis tali tambang plastik ini juga bisa dipadukan dengan safety belt untuk memberikan manfaat keamanan yang jauh lebih maksimal.

  • Serat nilon

Serat nilon juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tali tambang plastik. Tentu saja, tali tambang plastik yang dibuat dari bahan dasar ini memiliki kekuatan yang cukup bisa diandalkan. Pasalnya, serat nilon pada dasarnya sudah kuat.

Dalam penggunaannya, tali tambang plastik berbahan dasar serat nilon banyak digunakan untuk beragam aktivitas berat, seperti lifting, towing dan aktivitas lainnya, termasuk dalam industri perkapalan. Umumnya, tali tambang plastik ini hadir dengan warna putih polos tanpa motif. Selain itu, harga tali tambang ini juga bisa dikatakan lebih mahal.

  • Serat polyethylene

Selain kedua jenis tali tambang plastik di atas, ada pula tali tambang plastik yang dibuat dengan bahan dasar serta polyethylene. Tali ini oleh masyarakat seringkali disebut dengan nama tali tampar.

Nah, jenis tali tambang plastik ini cukup banyak digunakan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Beberapa fungsi dari tali tambang ini diantaranya adalah sebagai pengikat bendera, talu jemuran, pengikat pagar dan lainnya.

Dari ulasan di atas bisa dilihat bahwa ada cukup banyak jenis tali tambang plastik yang dilihat dari bahan dasar pembuatannya. Tentu, Anda bisa membandingkan jenis tali tambang plastik tersebut dan memilih mana tali yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, bagaimana dengan harga tali tambang         tersebut? Tentu saja harga tali tambang plastik tersebut berbeda sesuai dengan jenis bahan dasar serta ukuran ketebalannya. Nah, terkait hal tersebut, Anda bisa cari tahu harga tali tambang di sini!