Mengenal Chain Block dan Fungsinya

 

Chain block juga sering dikenal dengan hand chain hoist, katrol, takel dan chain hoist manual merupakan sebuah mekanisme yang digunakan untuk mengangkat serta menurunkan benda berat. Fungsi dari chain block utamanya yakni mengangkat dan juga memindahkan suatu benda ke tempat lain. Mencari toko yang jual chain block sangat mudah ditemukan, karena benda satu ini termasuk peralatan yang banyak dibutuhkan orang.

Komponen dari chain block umumnya berupa roll, chain, gear, dan hook block atau pengait. Untuk cara kerjanya sebetulnya cukup sederhana. Benda atau beban yang ingin diangkat harus dikaitkan, lalu rantainya ditarik, bisa memakai tenaga manusia atau tenaga mesin.

Ketika ditarik, rantai tersebut akan mengencangkan ikatan pada roda dan membentuk sebuah tekanan dan membuat beban tersebut terangkat. Dengan begitu fungsi dari chain block sudah terealisasi.

Chain block yang berukuran relatif kecil saja mempunyai kekuatan yang begitu besar. Bobot yang dapat diangkat oleh chain block yang berukuran kecil bisa mengangkat beban mulai dari 200 kilo sampai puluhan ton. Apabila semakin besar benda yang diangkat, tentu semakin besar juga ukuran katrol yang digunakan. Melihat fungsi dari chain block tersebut, maka sangat wajar apabila berbagai macam industri menggunakan peralatan seperti ini.

Perlu Anda ketahui juga, chain block sendiri sudah digunakan untuk berbagai macam sektor industri, khususnya di Indonesia, misalnya :

1.       Bengkel Mobil

Memiliki fungsi dapat mengangkat beban berat dengan sangat mudah membuat chain block digunakan di banyak industri serta bengkel mobil, sebab para pekerja bisa memindahkan mesin mobil dari luar untuk dimasukan ke dalam mobil dengan sangat mudah. Hadirnya chain block tersebut membuat pekerjaan jauh lebih efisien, hal ini dikarenakan setiap aktivitasnya tidak terlalu membutuhkan banyak orang atau pekerja

2.       Industri Konstruksi

Berbicara mengenai industri konstruksi pasti sangat erat hubungan dengan benda dan barang konstruksi yang mempunyai ukuran besar dan pastinya berat, misalnya beton, rangka besi, baja, dan lain-lain. Benda-benda ini pastinya tidak dapat dipindahkan dengan mengandalkan tenaga manusia saja. Maka dari itu peran dari chain block menjadi sangat penting. Menggunakan chain block untuk keperluan mengangkat benda konstruksi dari permukaan tanah ke bangunan diatasnya.

3.       Industri Gas dan Minyak Bumi

Pada industri tersebut, kegunaan chain block umumnya sebagai alat untuk mengangkat pipa yang digunakan untuk proses pengeboran kilang minyak baik didarat atau dilaut lepas.

4.       Pabrik

Setiap pabrik khususnya pabrik yang mempunyai skala besar pasti memerlukan chain block untuk berbagai aktivitas pengangkatan beban berat seperti mengangkat bahan baku, mesin produksi, peralatan hingga barang hasil produksinya. Temukan chain block disini! agar anda tida ketipu.