Selain Enak, Anggur Juga Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Tentunya buah anggur sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari anggur merah hingga anggur hitam, bisa ditemukan dengan mudah baik di pasar ataupun supermarket.

Selain rasanya enak, ternyata buah anggur menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut 6 manfaat anggur untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui :

  1. Menyehatkan Mata

Manfaat buah anggur untuk kesehatan yang pertama adalah dipercaya mampu menyehatkan mata. Hal tersebut lantaran buah ini memiliki zat resveratrol, lutein, dan zeaxanthin yang bisa membantu melindungi dari penyakit mata.

Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa luterin dan zeaxanthin mampu mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak pada mata.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah anggur juga dipercaya bisa meningkatkan cara kerja otak dengan meningkatkan daya ingat, meningkatkan daya konstentrasi, serta mampu meningkatkan mood.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan studi pada 11 orang dewasa yang sehat menemukan hasil bahwa dengan rutin mengonsumsi 250 mg suplemen anggur setiap hari dalam 12 minggu, terbukti bisa meningkatkan skor tes kognitif yang mengukur tingkat konstentrasi, serta daya ingat dan bahasa.

Selain itu, manfaat buah anggur untuk meningkatkan kesehatan otak pun terbukti dari adanya senyawa pada anggur yang bisa mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Menyehatkan Tulang

Manfaat buah anggur selanjutnya untuk kesehatan bagian tubuh lainnya yaitu bisa membantu menyehatkan tulang. Makan buah anggur dipercaya bisa membantu memadatkan tulang sehingga menjadi lebih sehat. Pasalnya, buah ini mengandung beberapa zat yang baik untuk tulang antara lain kalium, kalsium, fosfor, dan vitamin K.

  1. Membuat Awet Muda

Manfaat buah anggur untuk kesehatan yang satu ini tentunya akan kamu sukai. Selain bermanfaat untuk menangani berbagai macam penyakit, ternyata buah anggur juga bermanfaat untuk kecantikan karena dipercaya bisa memperlambat penuaan dan membuat wajah menjadi awet muda.

Kandungan resveratol pada anggur pun terbukti mampu merangsang sirtuin yang seringkali dikaitkan dengan umur panjang. Sirtuin sendiri merupakan jenis protein yang bertanggungjawab untuk melindungi sel – sel tubuh dari kerusakan.

  1. Cocok Untuk Diet

Buah anggur juga sangat direkomendasikan dalam menu diet karena beragam manfaat yang dimilikinya untuk kesehatan dan banyaknya nutrisi pada buah yang satu ini. Anggur mengandung polifenol serta flavonoid yang terbukti mampu mengurangi berat badan.

Anggur pun merupakan makanan rendah kalori, bebas lemak, dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

Dalam sebuah penelitian tahun 2016, Dietary flavonoid intake and weight maintenance mengungkapkan bahwa dalam 1 cangkir anggur mengandung kurang lebih 100 kalori dan nutrisi tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehat.

  1. Meningkatkan Daya Ingat, Perhatian, Dan Mood

Manfaat buah anggur untuk kesehatan otak adalah bisa membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian yang dilakukan dalam U.S. National Library of Medicine selama 12 minggu pada 111 orang dewasa yang lebih tua dan sehat, pemberian 250 mg suplemen anggur per hari secara signifikan bisa meningkatkan skor pada tes kognitif yang mengukur perhatian, memori, dan bahasa dibandingkan dengan nilai dasar.

Resveratrol pun bisa membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer, meski penelitian pada manusia masih perlu dilakukan konfirmasi untuk hal tersebut.

Selain itu masih ada manfaat lain dari buah anggur yaitu membantu menjaga kesehatan kulit. Fitonutrien spesifik yang ditemukan dalam buah anggur mampu melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.