Tempat Percetakan Buku di Jakarta yang Terpercaya dan Terjamin

Umumnya, tempat percetakan buku di Jakarta menyediakan berbagai pilihan terhadap kertas yang disediakan. Dengan begitu Anda dapat menentukan jenisnya serta menyesuaikannya denga kebutuhan. Sebab, hal tersebut juga cukup memengaruhi harga cetaknya.

Tempat Percetakan Buku di Jakarta Terpercaya Dan Terjamin

Klaim sebagai tempat cetak buku murah pada dasarnya tidak bisa Anda simpulkan begitu saja. Pasalnya ada berbagai macam hal yang perlu diperhatikan dan dalah satu diantaranya adalah ketersediaan pilihan kertas. Berikut beberapa jenis kertas gang disediakan only-print.

1. Kertas HVS – Kertas Samson Kraft

Jenis kertas satu ini bisa Anda temui di tempat percetakan buku di Jakarta yaitu HVS. Karakternya ialah memiliki permukaan sedikit lebih kasar serta menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Gramaturnya tersedia dalam beberapa macam, 60 hingga 100 gram.

Jenis selanjutnya yang juga dapat Anda pakai untuk mencetak buku yaitu Samson Kraft. Tipe ini adalah sebuah kertas hasil dari olahan daur ulang dan punya ciri warna sedikit kecokelatan. Pilihan gramaturnya terdapat beberapa jenis mulai dari 60 hingga 70 gram.

2. Kertas Art Paper – Kertas Carton

Kertas Art Paper jenis selanjutnya yang umum ditemukan pada percetakan. Untuk membedakannya sangat mudah, hal itu terlihat dari permukaannya yang lebih licin. Ragam Gramaturnya cukup bervariasi mulai dari 85, 100, 115 sampai 150 gram.

Pilihan berikutnya adalah kertas Art Carton yang punya ciri cenderung sama seperti Art Paper. Walaupun permukaannya lebih licin tapi jenis ini memiliki ketebalan yang cukup. Gramaturnya tersedia dari 190, 210, 230 hingga 400 gram.

3. Kertas Ivory – Kertas Dupleks

Pada dasarnya kertas Ivory mirip seperti Art Carton tapi cukup berbeda jika dilihat dari sisi permukaannya. Walaupun sama-sama halus namun pada kertas Ivory tak ada coating di sisinya. Pilihan gramaturnya beragam yaitu 210 hingga 400 gram.

Sedangkan untuk jenis Dupleks dapat dikenali dari sisi warnanya putih tapi memiliki warna abu-abi pada bagian lainnya. Jenis memiliki fungsi yang umumnya digunakan sebagai pembungkus kemasan suatu produk. Itulah mengapa permukaannya pun cukup tebal.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa jenis kertas yang tersedia di tempat percetakan buku di Jakarta yaitu Only-Print. Setiap jenisnya tentu memiliki karekater serta kualitas yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ada baiknya agar Anda memilih sesuai kebutuhan saja.